Menguak Konspirasi Bumi Datar

Awal tahun 2016, Google mendeteksi adanya lonjakan penelusuran mengenai “Flat Earth” di seluruh dunia termasuk Indonesia. Secara bahasa, “Flat Earth” dapat diterjemahkan menjadi “Bumi Datar”. Lho, “Bumi Datar”? Bukannya “Bulat”, seperti yang selama ini banyak orang ketahui?

 

Seumur hidup Anda, mungkin tidak pernah terlintas untuk memikirkan bentuk Bumi. Apakah bentuknya bulat, datar, kotak, segitiga atau lainnya? Anda, saya, dan kita semua hanya bisa menerima ilmu pengetahuan, terutama mengenai Bumi, dari apa yang telah diajarkan saat dibangku sekolah, media massa, dan lainnya. Lagi pula, apa sih penting mempelajari bentuk Bumi? Itulah yang akan terbesit dibenak Anda (termasuk saya) ketika ada orang yang mempertanyakan atau membahas bentuk Bumi! Saran saya, luangkan waktu Anda sejenak untuk Menguak Konspirasi Bumi Datar.

 

Alasan saya menyebut “Konspirasi Bumi Datar” adalah karena banyak orang baik yang mencoba membantah atau bahkan mendukungnya melakukannya secara mandiri dari berbagai latar belakang pendidikan bukan badan yang dibiayai dengan jumlah yang besar seperti salah satu badan usaha pemerintah non kementerian yang anggarannya mencapai ratusan juta Rupiah. Selain itu, membahas mengenai Bumi Datar sering kali menimbulkan pertentangan padahal seharusnya tidak perlu seperti itu. Pertentangan sering disulut oleh mereka yang sekonyong-konyong menentang pemaham Bumi Datar tanpa dilandasi data dan fakta untuk mendukung bantahannya. Saya awalnya seperti itu karena berpikir bahwa bentuk Bumi tidaklah datar tapi bulat sebagaimana yang telah saya ketahui selama ini.

 

Karena ingin membantah “Konspirasi Bumi Datar”, dengan terpaksa saya melakukan riset sederhana melalui internet. Situs pertama yang kunjungi adalah Wikipedia edisi bahasa Inggris. Dari situ saya ketahui bahwa “Konspirasi Bumi Datar” telah dimulai sejak dahulu kala. Adalah seorang penemu dan penulis dari Inggris, Samuel Birley Rowbotham yang menyakini bahwa Bumi tidak berbentuk bulat melalui karyanya “Zetetic Astronomy: Earth Not a Globe” yang dipublikasikan pada tahun 1849. Ada beberapa eksperimen yang didokumentasikan oleh Samuel Birley Rowbotham untuk membuktikan bahwa bentuk Bumi tidak bulat.

 

Ada satu pernyataan menarik dari Zakir Naik, seorang pembicara umum Muslim India dan penulis hal-hal tentang Islam dan perbandingan agama, yang pada suatu kesempatan menyatakan bahwa bentuk bumi seperti bentuk telur burung unta berdasarkan Al Quran Surat An Naazi’aat Ayat 30. Bila dikaji lebih lanjut, pendapat Zakir Naik tersebut kurang tepat karena Allah SWT tidaklah membuat Bumi berbentuk seperti telur burung unta namun untuk menjelaskan Kebesaran-Nya dalam mempersiapkan Bumi untuk dapat dihuni oleh makhluk ciptaan-Nya yang salah satunya adalah manusia.

 

Sedangkan Thomas Djamaluddin, Profesor astrofisika dan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), berpendapat bahwa, “Itu (pandangan Bumi datar adalah) pseudosains. Orang-orang awam memercayainya karena seolah-olah pandangan itu ilmiah padahal sebenarnya tidak ada dasarnya sama sekali”. Kemudian itu menjelaskan panjang lebar untuk membantah segala hal yang menjadi argumen bahwa Bumi itu datar. Hal tersebut berbeda dengan apa yang dilakukan oleh seorang sarjana Fisika bernama Daimonie yang memublikasikan “200 Reasons why flat-earthers are simply wrong” di situsnya untuk membantah “200 Proofs Earth is Not a Spinning Ball” yang dipublikasikan oleh Eric Dubay.

 

Screenshot Kanal Flat Earth 101 - Cratis | Sumber gambar youtube.com

Screenshot Kanal Flat Earth 101 - Cratis | Sumber gambar youtube.com

 

Karena “Konspirasi Bumi Datar” media sosial yang paling banyak diakses adalah YouTube! Karena melalui situs web tersebut banyak orang yang berusaha baik mendukung maupun membantah. Salah satu kanal di YouTube menyajikan berbagai video mengenai “Konspirasi Bumi Datar” sejak 15 April 2016 yaitu Flat Earth 101 yang diasuh oleh BOSSDARLING Hingga saat ini sudah ada 11 video yang dirilis dan dapat disaksikan pada kanal tersebut, yaitu:

  • Bangkitnya Kesadaran
  • Bisnis Triliun Dolar
  • Kebohongan Sains Modern
  • Gerhana Dan Horison
  • Antartika Dan Bom Nuklir Kubah Bumi
  • NASA Hollywood
  • Secret Societies
  • Elite Global
  • Menggugat Sistem Yang Zalim
  • People Power Vs Elite Global
  • Kubah Selatan Dan Telur Burung Unta

 

Saya tidak akan “memaksa” Anda untuk menyaksikan seluruh video yang ada di kanal tersebut juga meminta Anda untuk menunjukkan keberpihakan kepada “Konspirasi Bumi Datar” setelah menyaksikan video tertentu dari kanal tersebut. Yang saya harapkan dari Anda adalah bahwa Anda dapat memverifikasi sendiri berbagai argumen yang Anda dapati pada video yang telah Anda lihat melalui kanal tersebut.

 

Dari video tersebut ada petunjuk yang diberikan oleh si pembuat video bagaimana untuk membantah “Konspirasi Bumi Datar”. Ada tiga hal! Ya, cuma tiga hal yaitu mengenai GERHANA, GRAVITASI, dan ANTARTIKA. Lakukanlah kajian mengenai tiga hal tersebut, kumpulkan data dan verifikasilah data tersebut agar menjadi modal bagi Anda yang ingin membantah “Konspirasi Bumi Datar”.

 

Pandangan saya sendiri mengenai “Konspirasi Bumi Datar” adalah belum mendukungnya karena masih perlu waktu untuk memverifikasi data yang ada namun juga tidak menentangnya untuk menghargai perbedaan pendapat.

 

Lebih lanjut dalam hal menguak Konspirasi Bumi Datar memang masih diperlukan penelitian lebih lanjut dari berbagai disiplin, baik agama maupun akademik, untuk menghindari perdebatan yang tak ada ujungnya!

 

Tautan Referensi:

  • https://www.google.com/trends/explore?date=all&geo=ID&q=flat%20earth
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Flat_Earth
  • http://sains.kompas.com/read/2016/07/11/20475291/mana.pandangan.yang.layak.dipercaya.bumi.bulat.atau.bumi.datar.
  • http://www.atlanteanconspiracy.com/2015/08/200-proofs-earth-is-not-spinning-ball.html
  • http://blog.daimonie.com/2015/11/200-reasons-why-flat-earthers-are.html
  • https://www.youtube.com/channel/UCVgxg27PFIbur2ovDFVAAvw/about

Oleh ; Pada 1 Oct 2016 - 13:40 WIB
Tags: , ,
-

Mau Belanja Hemat Di Zalora? Ini Rahasianya!
Dipopedia-ContohMenggunakanKodeVoucherZBAPoct.gif

dipoGrafiFeed

MestizoFeed