Aku Rindu Derby Jakarta

Liga Super Indonesia tak se-super namanya. Kompetisi yang seharusnya menjadi barometer persebakbolaan tanah air tersebut mati suri sejak tahun 2014. Persipura Jayapura merupakan tim yang paling sering menjadi juara yaitu sebanyak 3 kali (2008–09, 2010–11, 2013) sementara itu Arema Indonesia, Sriwijaya, dan Persib Bandung sudah sekali menikmati kemeriahan saat menjadi juara tahun 2009–10, 2011–12, dan 2014.

 

Liga Super Indonesia pernah menampilkan duel derby Jakarta yaitu antara Persija Jakarta versus Persitara Jakarta Utara selama dua musim kompetisi (2008–09 dan 2009–10) setelah itu hanya Persija Jakarta saja yang terus eksis di liga teratas persepakbolaan Indonesia.

 

Profil Persija Jakarta Persitara Jakarta Utara - Cratis | Sumber id.wikipedia.org

 

Persaingan antara Persija Jakarta dan Persitara Jakarta Utara di Liga Super Indonesia seakan mengingatkan penggemar sepak bola tanah air dengan persaingan antara Manchester United dan Manchester City yang berlaga di Liga Inggris. Kota Jakarta seakan terbelah menjadi dua saat Persija Jakarta dan Persitara Jakarta Utara bertanding.

 

Rekor tanding menunjukkan bahwa Persija Jakarta masih jauh lebih kuat dibandingkan dengan Persitara Jakarta Utara. Dari empat kali bertanding Persija Jakarta berhasil memenangkan tiga pertandingan sementara itu Persitara Jakarta Utara hanya satu kali dengan selisih gol empat gol untuk keunggulan Persija Jakarta.

 

Berikut rekaman pertandingan antara Persija Jakarta dan Persitara Jakarta Utara di Liga Super Indonesia:

  • Liga Super Indonesia 2008–09

    • Persitara Jakarta Utara 1-3 Persija Jakarta
    • Persija Jakarta 2-4 Persitara Jakarta Utara
  • Liga Super Indonesia 2009–10

    • Persija Jakarta 3-0 Persitara Jakarta Utara
    • Persitara Jakarta Utara 0-1 Persija Jakarta

Jika dibandingkan dengan persaingan antara Manchester United dan Manchester City, khususnya musim kompetisi 2008–09 dan 2009–10, persaingan antara Persija Jakarta dan Persitara Jakarta Utara lebih sengit dengan indikasi jumlah gol.

 

Berikut rekaman pertandingan antara Manchester United dan Manchester City di Liga Inggris:

  • Liga Inggris 2008–09

    • Manchester United 2–0 Manchester City
    • Manchester City 0-1 Manchester United
  • Liga Inggris 2009–10

    • Manchester United 4–3 Manchester City
    • Manchester City 0-1 Manchester United

Berhubung Liga Super Indonesia mati suri dan terdegradasinya Persitara Jakarta Utara maka tidak ada lagi kesempatan untuk menikmati duel derby Jakarta.

 

Dari sisi kekuatan tim, Persija Jakarta jauh lebih unggul dibanding Persitara Jakarta Utara namun belum cukup solid untuk dapat merengkuh juara Liga Super Indonesia. Semoga saja Gubernur DKI Jakarta yang terpilih nanti pada 15 Februari 2017 mampu membangkitkan gairah sepak bola sehingga mendorong pertumbuhan tim yang mampu menguasai persepakbolaan nasional sekaligus menghadirkan derby sengit agar nantinya Kota Jakarta memiliki tim yang akan menguasai persebakbolaan tanah air dan manca negara seperti Kota Manchester yang berhasil menguasai Eropa lewat sepak bola melalui Manchester United dan Manchester City.

 

Ayo, warga Jakarta! Pilih Cagub dan Cawagub yang peduli sepak bola!

-

Mau Belanja Hemat Di Zalora? Ini Rahasianya!
Dipopedia-ContohMenggunakanKodeVoucherZBAPoct.gif

dipoGrafiFeed

MestizoFeed